Beranda » Cerita » Jabal Nur – Wahyu Pertama diturunkan

Jabal Nur – adalah salahsatu gunung yang ada di Makkah yang menjadi saksi turunnya wahyu yang pertama kepada Nabi Muhmmad. Jabal Nur dalam bahasa Arab diartikan sebagai gunung yang bercahaya, namun kata nur (cahaya) bukan dalam arti kata sesungguhnya, cahaya yang dimaksud punya arti sebagai tempat pertama kali Nabi Muhammad menerima wahyu dari Allah (detik.com, 2013).
Diatas puncak Jabal Nur, terdapat gua kecil dengan panjang 3,5 meter dan lebar 1,5 meter, yang letaknya berada 4 meter dari atas bagian puncak gunungnya, gua tersebut adalah Gua Hira.
Menurut cerita, bahwa Nabi Muhammad sudah sejak lama suka datang ke Gua Hira untuk menyendiri. Nabi Muhammad sering menenangkan pikiran di sana, hingga suatu hari wahyu tersebut turun melalui malaikat Jibril. Setelah wahyu pertama turun, lalu Nabi Muhammad melalui serangkaian proses panjang menjadi nabi dan rasul hingga Isra dan Miraj.
Ahli sejarah juga mengatakan mengatakan, bahwa Nabi Muhammad SAW sebelum diangkat menjadi nabi dan rasul telah melakukan uzlah di dalamnya selama 3-5 tahun, beliau beribadah, dan bertahajud. Bahkan di bulan Ramadhan satu bulan penuh beribadah, beliau bertafakkur dan mengasah jiwanya di sana, dan Istrinya Khadijah selalu datang dengan membawa makanan dan minuman ke sana. Dia lewat jalan yang terjal menuju gua dengan sangat berat dan susah yang memerlukan waktu kurang lebih satu jam. Itu semua dilakukan demi mendapat ridha Allah dan Nabinya (republica.id, 2012).
Cerita sejarah yang besar pada Gua Hira itu terjadi Pada bulan Ramadhan, namun sebagian menyakini peristiwa itu terjadi pada bulan Rabiul Awal pada tanggal 8 atau 18 (tanggal 18 berdasarkan riwayat Ibnu Umar). Sebagian lainnya pada bulan Rajab pada tanggal 17 atau 27 menurut riwayat Abu Hurairah. Dan lainnya adalah pada bulan Ramadhan pada tanggal 17 (Al-Bara’ bin Azib) ,21 (Syekh Al-Mubarakfuriy) dan 24 (Aisyah, Jabir dan Watsilah bin Asqo’) (sindonews.com, 2018), dimana terjadi peristiwa turunnya wahyu yang pertama, yang dibawa oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW yang berada di dalamnya. Isi wahyu yang pertama yang diterima oleh Nabi Muhammadi adalah: “Bacalah dengan nama Tuhanmu yang telah menciptakan. Menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah dan Tuhanmu yang Mahamulia. Yang mengajarkan dengan pena. Mengajarkan manusia apa yang tidak diketahui.” (QS Al-Alaq 1-5).
Diriwayatkan dari Khodijah RA, “Sesunggunya Nabi telah menyendiri di Gua hira. Beliau melihat mimpi yang benar sampai kemudian Jibril turun membawa wahyu, lalu Nabi pulang ke rumahnya dengan gemetar. Lalu beliau menceritakan kepada istrinya kejadian yang telah menimpanya, dann Khodijah memberitahukan hal itu kepada Waroqoh bin Naufal. Waroqoh memberi kabar gembira tentang kenabiannya seraya berkata, “Sesungguhnya dia adalah Nabi umat ini.” (republica.id, 2012).
Informasi traveling ke Gua Hira padasaat haji / umroh
Untuk menempuh Gua Hira, diperlukan fisik dan stamina yang kuat. Anda bakal mendaki dari dasar gunung sekitar 1 jam untuk tiba di Gua Hira. Dari sana, hanya butuh beberapa menit saja untuk tiba di Puncak Jabal Nur yang punya ketinggian sekitar 642 mdpl.
Bebatuan yang terjal akan ditemui sepanjang jalan. Tak hanya itu, kemiringan medan jalannya pun bisa mencapai 60 derajat. Berhati-hatilah di setiap langkah kaki Anda.
Selain itu, Anda juga harus sabar mengantre untuk masuk ke dalam Gua Hira. Gua Hira hanya mampu menampung empat orang saja. Keadaan di dalamnya cukup gelap, sebab hanya sedikit cahaya matahari yang masuk ke sana.
Berjalan ke atas Puncak Jabal Nur, ada pemandangan cantik menanti Anda. Dari sanalah, Anda bisa melihat Kota Makkah yang cantik dari ketinggian. Bahkan, dari sana pun Anda bisa melihat Masjidil Haram dengan jelas tanpa ada gangguan gedung-gedung tinggi. Sangat cantik!

Baik saat musim haji atau musim-musim biasa, Jabal Nur selalu dipadati traveler muslim. Mereka melakukan napak tilas Nabi Muhammad sekaligus berziarah di sana. Di Gua Hira atau di atas puncak gunung kebanyakan umat muslim berdzikir dan berdoa, merindukan Rasullulah.

Referensi:

detik.com. (2013, Oktober 10). detik travel. Retrieved Mei 21, 2019, from detik.com: https://travel.detik.com/international-destination/d-2383084/kisah-jabal-nur-gunung-bercahaya-di-makkah

republica.id. (2012, Oktober 08). Khazzanah. Retrieved 05 21, 2019, from republika.id: https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/umroh-haji/12/10/08/mbkf2v-jabal-nur-dan-gua-hira-saksi-kenabian-muhammad-saw

sindonews.com. (2018, 06 01). Inspirasi Ramadhan. Retrieved 05 21, 2019, from Sindo News: https://ramadan.sindonews.com/read/1310617/70/kisah-nabi-muhammad-saw-menerima-wahyu-pertama-1527783000

 Info paket umroh hemat:

Whathatsapp  : 0812 9936 3911
Website         : www.iumroh.id
Instagram      : @umrohbackpacker.info
Facebook       : umrohbackpackermandiri
[/av_textblock]

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.